Search This Blog

Search This Blog

Jumat, 03 Oktober 2014

Business to business

Pengertian B2B
 B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
* Disebut juga transaksi antar perusahaan
* Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
* Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis

EDI adalah singkatan dari Elektronik Data Interchange merupakan metode sebuah pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi computer, antar perusahaan/instansi, secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati oleh sesame perusahaan tersebut.

Karakteristik B2B :
1.     Berdasarkan Pihak yang terlibat dalam transaksi :
o   Buy-side
o    Sell-side
o    Exchange

2.     Berdasarkan tipe transaksi :
o   Spot buying : Pembelian barang jasa yang dibutuhkan dengan harga pasar.
o   Strategy Systematic Sourcing : Pembelian sesuai kontrak jangka panjang dengan harga yang disepakati.

3.     Berdasarkan tipe material :
o   Direct material : Bahan baku yang digunakan langsung dalam proses produksi. contoh : kayu untuk membuat kursi.
o   Indirect Material : Hanya mendukung proses produksi. contoh : lampu, listrik. Biasanya digunakan dalam MRO (Maintenance, Repairing, Operation).
4.     Berdasarkan arah perdagangan :
o   Vertical Marketplace : pasar yang tidak dapat digunakan untuk semua industry.
o   Horizontal Marketplace : pasar yang dapat digunakan untuk hamper semua industry.
5.     Jumlah partisipan :
o   Private E-Marketplace : Pasar B2B yang dimiliki oleh satu perusahaan. (Perusahaan tersebut mempunyai kewenangan atas pasar tersebut/dikelola oleh 1 pihak)
o    Public E-Marketplace : Pasar B2B, biasanya dimiliki/dikelola oleh pihak ketiga yang independent

 Model B2B :
1)    Sell side : 1 penjual dengan banyaj pembeli. Contoh : mobil dijual antar perusahaan ke rental company.
2)    Buy side : 1 pembeli dengan banyak penjual. Contoh : perusahaan butuh supplier2.
3)     Exchange : banyak penjual dan banyak pembeli. Contoh : saham
4)     Supply chain improvement : segala kegiatan B2B selain jual beli tapi yang berfokus pada supply chain contoh : perusahaan bisa bertukar informasi dengan supplier.

Berdasarkan E-Marketplace, B2B dibagi menjadi :
o   One to many (sell side).
o    Many to one (buy side).
o    Many to many (exchange).

Manfaat B2B :
o   Mengurangi biaya pemasaran dan penjualan
o   Mengurangi biaya pengadaan
o    Menghilangkan penggunaan kertas dan mengurangi biaya administrasi
o    Mengurangi waktu siklus
o    Menurunkan biaya pencarian dan waktu bagi pembeli untuk menemukan produk dan vendor
o    Menciptakan peluang penjualan baru
o    Meningkatkan kualitas pelayanan

Referensi :
http://www.kawanlama.com/commerce/59-commerce/71-business-to-business-b2b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar