E-Payment
adalah suatu sistem yang menyediakan
alat-alat untuk pembayaran jasa atau barang-arang yang dilakukan di Internet.
Dibandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, pelanggan mengirimkan semua
data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di Internet dan
tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan. Di
dunia sesungguhnya (offline), konsumen menggunakan uang tunai, cek,
atau kartu kredit untuk melakukan pembelian. Hal ini juga berlaku di dunia online.
Untuk mendukung fasilitas e-payment, biasanya suatu perusahaan menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga perbankan. Dengan jaringan perbankan yang begitu luas, transaksi pembelian dan pembayaran tiket dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang dimiliki.
Saat ini, sebagian besar pembelian melalui web dilakukan dengan kartu kredit. Pembayaran ini melibatkan pemindahan dana secara elektronik. Selain kartu kredit dan transfer dana, bentuk lain dari E-Payment yaitu smart card, digital cash, digital check, dan tagihan elektronik.
Ada beberapa pihak yang terlibat di dalam E-Payment, yaitu:
a. Issuer, biasanya berupa bank atau lembaga non banking.
b. Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment
c. Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
d. Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.
Untuk mendukung fasilitas e-payment, biasanya suatu perusahaan menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga perbankan. Dengan jaringan perbankan yang begitu luas, transaksi pembelian dan pembayaran tiket dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang dimiliki.
Saat ini, sebagian besar pembelian melalui web dilakukan dengan kartu kredit. Pembayaran ini melibatkan pemindahan dana secara elektronik. Selain kartu kredit dan transfer dana, bentuk lain dari E-Payment yaitu smart card, digital cash, digital check, dan tagihan elektronik.
Ada beberapa pihak yang terlibat di dalam E-Payment, yaitu:
a. Issuer, biasanya berupa bank atau lembaga non banking.
b. Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment
c. Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
d. Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.
Manfaat Penggunaan E-Payment
Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki
berbagai manfaat, diantaranya:
• Meningkatkan efisiensi pembayaran
• Meningkatkan customer loyality
• Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih
dibandingkan cash
• Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu
• Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media
pembayaran
Sistem
Pembayaran
Sistem pembayaran (E-Paymen System) memerlukan suatu persyaratan yang mencakup :
1.Konfidensialitas: Untuk menjamin bahwa konsumen, pedagang dan informasi transaksi pembayaran tetap konfidensial.
2.Integritas: Dari semua data yang ditransmisikan melalui jaringan publik seperti Internet. 3.Otentikasi: Dari pihak pembeli maupun pihak pedagang.
4.Keamanan: Berkaitan dengan perlindungan atau jaminan keamanan dari pihakpihak yang tidak bertanggung jawab.
5.Mekanisme privacy
Untuk pertukaran informasi yangsifatnya umum maupun pertukaran data pembayaran.
6.Divisibilitas: Berkaitan dengan spesifikasi praktis transaksi baik untuk volumen besar maupun transaksi skala kecil.
7. Interoperabilitas: Dari perangkat lunak, maupun jaringan dari penerbait kartu kredit dan perbankan.
Model E-Payment
Terdapat beberapa sistem pembayaran (E-Paymen System) :
1.Micropayment
2.E-wallet
3.E-cash / Digital Cash
4.Credit Card, Smartcard
5.Electronic Bill Presentment and Payment
Sistem pembayaran (E-Paymen System) memerlukan suatu persyaratan yang mencakup :
1.Konfidensialitas: Untuk menjamin bahwa konsumen, pedagang dan informasi transaksi pembayaran tetap konfidensial.
2.Integritas: Dari semua data yang ditransmisikan melalui jaringan publik seperti Internet. 3.Otentikasi: Dari pihak pembeli maupun pihak pedagang.
4.Keamanan: Berkaitan dengan perlindungan atau jaminan keamanan dari pihakpihak yang tidak bertanggung jawab.
5.Mekanisme privacy
Untuk pertukaran informasi yangsifatnya umum maupun pertukaran data pembayaran.
6.Divisibilitas: Berkaitan dengan spesifikasi praktis transaksi baik untuk volumen besar maupun transaksi skala kecil.
7. Interoperabilitas: Dari perangkat lunak, maupun jaringan dari penerbait kartu kredit dan perbankan.
Model E-Payment
Terdapat beberapa sistem pembayaran (E-Paymen System) :
1.Micropayment
2.E-wallet
3.E-cash / Digital Cash
4.Credit Card, Smartcard
5.Electronic Bill Presentment and Payment
E-payment memiliki
beberapa kelebihan, yaitu:
• Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
• Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
• Lebih efektif dan efisien waktu
• Memberikan keamanan dalam bertransaksi
Kekurangan E-payment
Selain kelebihan, e-payment juga memiliki kerugian yang mungkin muncul. Kerugian itu diantaranya adalah:
• Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal
• Orang Indonesia masih belum/tidak terbiasa melakukan pembayaran elektronik
• Masalah keamanan yang membuat orang takut melakukan transaksi
• Munculnya kejahatan baru
• Kurangnya pengetahuan IT di Indonesia
• Tidak semua orang memiliki akses terhadap internet
• Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
• Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
• Lebih efektif dan efisien waktu
• Memberikan keamanan dalam bertransaksi
Kekurangan E-payment
Selain kelebihan, e-payment juga memiliki kerugian yang mungkin muncul. Kerugian itu diantaranya adalah:
• Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal
• Orang Indonesia masih belum/tidak terbiasa melakukan pembayaran elektronik
• Masalah keamanan yang membuat orang takut melakukan transaksi
• Munculnya kejahatan baru
• Kurangnya pengetahuan IT di Indonesia
• Tidak semua orang memiliki akses terhadap internet
Startup Yang Menyediakan Fasilitas e-Payment
Untuk memudahkan anda berbelanja atau berbisnis secara e-commerce, kenali dulu beberapa #startups yang dapat memfasilitasi e-payment sebagai sarana pembayaran. Beberapa start up di Indonesia yang memiliki fasilitas e-payment adalah :1. Kaskus
Kaskus adalah salah satu forum terbesar di Indonesia yang menyediakan fasilitas e-payment gateway bernama Kaspay. Kaspay resmi diluncurkan pada ulang tahun Kaskus yang ke-10. Hingga saat ini Kaspay banyak digunakan oleh anggota forum Kaskus untuk melakukan transaksi jual beli di forum yang dikenal dengan sebutan FJB (Forum Jual Beli).
2. Tokopedia
Tokopedia merupakan start up Indonesia yang memfasilitasi kegiatan belanja online secara aman dan praktis. Pihak penjual dapat memperoleh domain khusus untuk mulai berjualan di Tokopedia. Selanjutnya, para calon pelanggan yang sudah melakukan log in di Tokopedia akan leluasa memilih produk yang diinginkan dan langsung melakukan pembayaran. Selanjutnya, pembayaran tersebut akan masuk ke akun penjual bila pelanggan sudah memberi konfirmasi penerimaan barang. Sangat aman bukan.
Sumber:
http://ully0207.wordpress.com/2013/02/11/e-payment-system/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar