ANALISIS WEB www.tokopedia.com
DESAIN
TAMPILAN
Desain tampilan memiliki peran yang
sangat penting. Karena hal inilah yang pertama kali menjadi fokus utama user
saat mengunjungi sebuah halaman website. Pada tahap ini ada tiga hal yang akan
penulis analisis berkenaan dengan desain tampilan website Tokopedia, yaitu :
1.
Kesesuaian Penggunaan Warna Tampilan
Pemakaian warna dalam tampilan
sebuah website cukup penting artinya. Karena semakin baik pemakaian keseuaian
warna, maka semakin baik website tersebut, dan menarik perhatian user. Pada
Tampilan Website Tokopedia ini menggunakan
warna background yaitu warna putih, dan dibagian petunjuk
informasi berwarna hijau.
Dengan memakai dua warna, sehingga
dapat memisahkan tulisan yang ingin dibaca secara detail seperti pilihan
kategori barang yang dijual
2.
Kesesuaian penggunaan font
Pemakaian huruf juga penting dan
berpengaruh dalam sebuah website. Pada website ini pemakaian font yang ada
terasa nyaman untuk dilihat. Keselarasan warna background dengan font amat
diperhitungkan dalam pembuatan website ini. Jika background berwarna putih maka
font yang digunakan berwarna hitam (yang dominan), Link yang ditampilkan dengan
icon berwarna hijau dengan tulisan
berwarna hitan sehingga masuk pada background berwarna putih.
3.
Link dan Navigasi
Pada tampilan awal website, terdapat
banyak link-link seperti, informasi tentang tokopedia, kategori semua
produk yang dijual, hot list, dan lain-lain sangat jelas yaa website ini
berfungsi untuk menampilan seluruh informasi mengenai Tokopedia.
Berikut tampilan secara keseluruhan
dari tampilan halaman utama (home) pada website ini.
PERILAKU NAVIGASI
Navigasi Web adalah bagian dari situs
Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan
menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari. Dengan begitu pengujung web
dapat dengan nyaman meng-explore isi di dalam suatu web.
Posisi Navigasi
Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.
Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.
- Top Navigation (Navigasi di atas)
Pada
tokopedia.com navigasi di bagian atas terdapat menu pencarian , login , sign in
, dan menu untuk mengirim pesan ke tokopedia.com. Menu pencarian ini cukup
tepat di letakkan dibagian atas, sehingga memudahkan pengunjung yang ingin
mencari sesuatu di tokopedia.com. Menu login dan sign ini berfungsi untuk
pengunjung yang ingin mendaftar ke tokopedia ataupun pengunjung yang sudah
terdaftar, sehingga member dari tokopedia.com. Selain itu , di pojok kiri
web terdapat logo dari tokopedia.com, dimana logo ini akan selalu terletak di
posisi itu walaupun pengunjung berada di site-site lain di tokopedia dan
apabila di klik, pengunjung akan di arahkan ke halaman awal tokopedia.
- Center Navigation ( Navigasi di
tengah )
Pada bagian tengah tokopedia.com daftar kategori-kategori
yang dapat dipilih pengunjung untuk menuju kategori tertentu. Sehingga memudahkan
pengunjung dalam dalam mencari produk/barang yang mereka ingin beli di
tokopedia .
Selain
itu , di bagian tengah (dibawah kategori) terdapat daftar produk-produk
yang sedang popular di tokopedia. Daftar produk ini di buat dalam bentuk
listing,yang berguna untuk menginformasikan pengunjung tentang produk
terpopuler saat itu.’
- Bottom Navigation (Navigasi di bawah )
Di navigasi bagian bawah berisi link-link tentang informasi
umum yang terdapat di tokopedia, seperti : cara belanja, cara berjualan, karir,
kritik& saran. Navigasi ini sangat berguna bagi pemula dalam mempelajari
tokopedia.com, sehingga pengunjung tersebut akan terpandu.
PERILAKU PENCARIAN
Fitur pencarian pada tokopedia.com ini terdapat di bagian
atas website. Posisi ini cukup strategis, karena memudahkan penunjung untuk
menggunakan fitur ini pada saat masuk ke web. Pengunjung dapat mengetikkan
keyword di kolom input text.
Kemudian di samping kolom input text pencarian,terdapat menu
dropdown yang berisi pilihan kategori. Dimana pada saat mencari, kolom input
dan menu dropdown ini akan digabungkan. Sehingga pencarian akan ter-filter
sesuai dengan kategori yang dipilih.
Pada daftar barang yang dijual di Tokopedia ini sangat jelas
karena di web tersebut dilengkapi dengan gambar barang yang dijual beserta
harga, sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi mengenai barang
tersebut.
Berikut adalah tampilan barang yang dijual di web tokopedia:
Kelebihan
:
1. Kelebihan Tokopedia menurut saya adalah tata
cara jual-beli yang sudah tersistem dan terintegrasi dengan baik dan lengkap,
kemudahan dalam penggunaan fitur-fitur, serta moderator yang amat membantu dan
bersahabat. Yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan bagi para pembeli,
serta tidak adanya beban tarif yang dikenakan, baik kepada pembeli ataupun
penjual.
2. Biaya ongkos kirim bisa di cek secara
otomatis. Sehingga pembeli bisa dengan cepat memperkirakan biaya
keseluruhan yang harus dkeluarkan.
3. Ada fasilitas rekening bersama. Uang kita
ditampung oleh pihak ketiga (tokopedia) untuk keamanan. Kalau barang sudah kita
terima, maka duit baru di kirim ke seller. Kalau barang tidak dikirim, kita
bisa minta uang kita kembali.
4. Banyak pilihan seller untuk jenis barang yang sama.
Kita bisa mencari penjual yang menjual barang dengan harga lebih murah dengan
lebih cepat. Mirip fitur search dan sort nya ebay.
6. Tampilan website simple dan bersih.
7.
Aplikasi
multiple social media cukup lengkap, dengan adanya hubungan dengan facebook,
twitter, dll
Kekurangan :
1. Fitur wishlist masih jadi satu dengan fitur
notifikasi.
2. Belum ada fitur kategori berdasarkan wilayah
2. Belum ada fitur kategori berdasarkan wilayah
3. Mobile
site bagaimanapun juga masih punya keterbatasan dalam menampilkan layout yang
menarik diakibatkan harus didesain untuk multi platform, termasuk bisa tampil
di handset low-end; yang mana mengakibatkan versi mobile site dari Tokopedia
ini lebih difokuskan untuk memantau dan update status transaksi daripada
berlama-lama mencari produk yang menarik dan berbelanja langsung menggunakan
situs mobile.
Sumber : www.tokopedia.com
Apa nama font tokopedia
BalasHapus